Jumat, 08 April 2011

Cara Stel / Tune up Gitar

Oke bro & sist yang sudah punya gitar dirumah, tapi belum paham dengan cara menstel atau Tune upnya. Maka saya akan membagikan pengalaman saya tentang stel/tune up gitar. Pada dasarnya, stel atau tune-up gitar sangat erat hubungannya dengan pendengaran dan juga feeling kita. Okee, gitar biasanya memiliki 6 senar, dimana senar-senar tersebut memiliki nada-nada seperti:

senar-dan-nama-nada-3
- Senar 1 adalah nada E
- Senar 2 adalah nada B
- Senar 3 adalah nada G
- Senar 4 adalah nada D
- Senar 5 adalah nada A
- Senar 6 adalah nada E

Jadi, senar 1 dan 6 memiliki nada yang sama hanya saja meiliki oktaf yang berbeda.

Langkah-langkah Tune-up adalah:
1. Saat senar 6 ditekan pada kolom 5, maka bunyi senar akan sama dengan senar 5 (tanpa ditekan).
2. Saat senar 5 ditekan pada kolom 5, maka bunyi senar akan sama dengan senar 4 (tanpa ditekan).
3. Saat senar 4 ditekan pada kolom 5, maka bunyi senar akan sama dengan senar 3 (tanpa ditekan).
4. Saat senar 3 ditekan pada kolom 4, maka bunyi senar akan sama dengan senar 2 (tanpa ditekan).
5. Saat senar 2 ditekan pada kolom 5, maka bunyi senar akan sama dengan senar 1 (tanpa ditekan).
6. Sesuaikan bunyi senar 1 dengan senar 6 agar menjadi sama.

senar-dan-nama-nada-2







Dalam stel gitar, hanya saja senar 3 yang berbeda kolom untuk tune-upnya.
Oke bro & sist, sekian tadi penjelasan singkat dari saya. Saya tidak terlalu pintar dalam hal bermain gitar, hanya saja saya mempunyai pengalaman tentang stel/tunning up gitar.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites